Port USB dan Hardisk Serta Koneksi External HDD

Banyak kita ketahui tentang alat penyimpanan sekaligus System OS, banyak kegunaannya dalam hardisk, internal maupun external, Internal dahulu kala di bilang Internal karena hardisk di  simpan di dalam PC dan tdk bisa di bawa-2 atau di bilang Portable. pd saat ini (2018) banyak org sudah mempunyai hardisk maupun internal atau external. bahkan mempunyai hdd internal dan external.
dahulu 1 penyimpan yg bisa di bawa adalah PCMCIA atau di kenal CardBus. dan PCMCIA kalah pamor dg USB port yg makin di gemari utk koneksi nya. PCMCIA sendiri smacam kartu yg bisa di tancapkan dr komputer ke komputer lain, dg catatan harus mempunyai PCMCIA PORT tanpa PCMCIA port pupuslah sudah, maka tdk heran hanya bberapa MB saja, tuk kapasitas simpan utk sbuah kartu PCMCIA dg ukuran tidak mini, sebesar standard mouse yg anda pakai,

External yg akan kita bahas, kapasitasnya di simpan sudah mencapai terabyte dan tidak lama akan muncul yg lebih besar penyimpanannya yaitu PETA petabyte, dan bisa portable.. isinya bermacam-2 dari foto/video/ Songs,./ hingga VOICE hasil rekaman atau skadar Koleksi FILM.

Utk pencapaian koneksinya hardisk ke komputer di butuhkan sebuah koneksi yg cepat, pastinya haruslah sesuai dg kapasitas nya. misalkan Komputer dg hardisk IDE atau DVD ROM dg koneksi IDE.. (koneksi ini cukup lama versinya dan sgt lambat jk di bandingkan dg kapastas skrg). Koneksi USB sendiri di bilang sudah ada evolusi dan berkembang cepat dg type model tertentu,, misalkan koneksi USB tuk charge HP, Koneksi USB tuk data transfer HP atau USB Flash disk hingga External HD yg versi lama. Byk sekrg orng pakai adalah koneksi USB, karena mudah dan ringan. Port USB akan berlainan satu dan lainnya, yg sama adalah port USB ke komputer harusnya kepala USB nya sama, dg berbeda warna saja.

Utk awam nya USB terdapat ada bberapa versi yaitu yg terbaru adalah USB Ver 3.01 atau USB C (apple product serta yg lainnya). stiap versi adalah yg membedakan TRANSFER RATE.. karena ini penting, bberapa cepat tuk membaca dan mngkopi trlbih penting adalah backup. ada bisa 8 jam jika hanya backup mnggunakan versi usb 2.00 dan tergantung kapasitas tntunya.

saat ini (2018) trdapat external HDD menggunakan SSD/dalamnya bukan cakram platter tapi merupakan kumpulan CHIP simpan dg kapasitas besar., ringan dan tidak gampang rusak. dan koneksinya menggunakan USB SS super USB dan ke komputernya gunakan USB versi 3.00 krn lebih cepat process backup atau baca nya. tentunya kabel nya berbeda dr USB biasa. dan lambangnya spt USB dg huruf SS. super speed USB. port SS USB ini biasanya terpasang pd hardisk external dan menggunakan kabel USB ver 3.00 sbg tuk transfer (copy/backup). dan tentunya tidak smbarang laptop yg mempunyai USB 3.00 Port, dg kode warna Biru di kepala pd USB cable.maka itu USB ver 3,00 Compatible.

dan di jual hanya pd ext hardisk. atau cd rom, bahkan card reader dg koneksi USB ver 3.00.