BIOS update dan SETUP serta kegunaannya (USB)

BIOS basic input output systems.. merupakan suatu rangkaian elektronika dan mngandung Chip transistor.. yg terhubung dg CHIP processor utama serta terhubung dg peripheral system, USB printer port, VGa Port, screen, dan Cardbus, Serta koneksi internal spt SATA /EIDE. System BIOS ini adalah tools kecil yg terdapat pd semua komputer laptop server notebook dll.. sblum OS berjalan, BIOS akan mngirimkan check system trlbih dahulu, misalkan yg paling mudah adalah TANGGAL DAN JAM. dan yg lainnya adalah melihat informasi yg ada di dalam notebook tsb, misalkan apakah koneksi hdd nye gunakan hardisk berapa serta koneksi apa IDE atau SATA.

** Biasanya BIOS muncul pd layar jika di hidupkan, hanya sbntar dan tekan F2 atau ESC (tergantung printah di screen Anda, tuk setup ulang di perlukan**

BIOS ini juga menampung kemudahan-2 utk interkoneksi peralatan pendukung nya spt USB FLash disk, Card Reader, Cardbus (PCMCIA), Serial port, serta FAN dan DVD CD ROM.

Dalam Pengoperasian pertama BIOS dan kedua haruslah di install OS operating system, yg akan memudahkan pengoperasiannya utk pemakai komputer tsb, anggaplah OS windows 10. Pd Saat ini memang bnyk 1 komputer bisa bberapa OS di jalankan, misalkan mau windows10 atau linux, serta debian, atau Windows 2000. Tentunya komputer tsb haruslah mmpunyai daya tampung besar.. dan jaman skrg *(2018),, sdh tdk elegan lagi dg byk system, mgkin karena salah satunya menjadi LEMOT beroperasi komputernya.. atau SUSAH pasang byk OS, serta RIBET. apa salahnya 1 system bisa lakukan apapun, layaknya HP cellphone anda.

UPDATE BIOS termasuk mudah pd saat ini, misalkan hanya extract file nya di jalankan pd windows, jk sudah restart otomatis dan komputer anda akan jalan sendirinya tuk update Bios stlah di reset komputer nya. Update BIOS di perlukan karena ada suatu alasan terntu yaitu memaksimalkan pemakaian komputer anda, dan mmbuat komputer anda bisa bekerja pd hardware=2 terbaru.

misalkan (th 95 an atau akhir) tidak di kenalnya USB flash disk di BIOS tapi skrg byk BIOS yg mngenali ada CD DVD dan USB serta peripheral yg terkoneksi ke komputer saktu di hidupkan.

BOOT DEVICE - BIOS berguna tuk set ulang mana Boot yg pertama harus di dahului, misalkan DVD ROM CD ROM - Pilihlah opsi ini mnjadi Pilihan UTAMA jika kalian bergegas tuk jalankan PErtama setup OS. karena biasanya dr DVD CD.

Pilihlah Floppy FDD/USB jika anda bergegas tuk Jalankan Pertama, biasanya restore pertama OS dari USB Flash drive. tancapkan. dan lihat lah dg jelas, sewkatu USB DRIVE yg anda jalankan dg Brand tertentu serta Size nya, Biasanya dari USB dg kapasitas besar dia akan masuk ke opsi HD hardisk, tentunya, stlah lihat di BIOS ada 2 yaitu Pertama USB DRIVE dan kedua adalah HDD UTAMA.. lagi-2 BIOS akan tawarkan yg mana akan di jalankan terlebih dahulu HDD atau External HDD USB.??

** DI atas berguna tuk RESTORE OS.**