DiskPart dan Kegunaan nya serta tuk basmi virus, serta FORMAt

Diskpart adalah software yg di selipkan utk hal yg ber urusan dg windows 10 serta system lainnya yg terkoneksi. Diskpart adalah tool kecil dr windows versi manapun, spt DOS saja,  dan utk kegunaan tertentu. contoh di bawah ini adalah kegunaannya.

1. USB flash disk atau HDD external/internal yg merasa tidak di kenali atau susah di format ulang.
2. utk mengetahui USB / HDD rusak atau tidak dan terinfksi dg virus.
3. utk melihat USB/HDD itu scara lbh dalam dan aman serta free dr gangguan2.

caranya :
1. click kaca pembesar atau RUN atau SEARCH, dan ketik CMD - dan right click "RUN AS ADMINISTRATOR" tanpa ini anda tdk bisa lakukan diskpart sembarangan.
2.  jk ada password admin, anda harus login dg administrator saja.
3. di c:> prompt tsb, ketik DISKPART (huruf kecil/besar sama saja).
4. stlah  prompt Diskpart muncul (diskpart>), ketikan LIST DISK - enter
tentunya anda sudah mngtahui nya hardisk mana yg Komputer dan disk mana yg USB dan yg mana disk external.
5.  ketik HELP tuk kelanjutan printah yg di gunakan dalam pengoperasian diskpart tsb.
6. Tentunya anda sdh tahu mana hardisk USB yg ingin di uji/di lihat, misalkan dg size nya. stlah anda melihat nomor berapa HD itu misalkan contoh, HD 0 adalah hardisk utama, HD 1 adalah USB, HD 3 adalah external.
7. Coba dg LIST VOLUME, volume ini penting tuk di lihat krn menyangkut hal yg mau di tuju ke USB atau hdd tertentu. (sama yaitu dg select volume #) jika ingin mnghapus volume.
8. menghapus hardisk atau USB yg tdk terpakai lagi, hanya perintahkan CLEAN atau CLEAN ALL.
(hati hati perintah CLEAN), krn akan mnghapus hadisk scara keseluruhannya). maka terlebih dahulu haruslah di berikan "SELECT DISK 1" terlbih dahulu utk PILIH. !! baru lakukan CLEAN.,
pastikan SELECT DISK #, adalah disk yg anda tuju.. PERHATIKAN Bintang (asterik)!!!.. sewaktu List Disk. nah itu yg di pilih.
9. JIKA USB HDD EXTERNAL rusak, dari select Disk saja sdh di beritahu misalkan  kosong tanpa informasi di kolom Healthy dan Online atau OFFLINE serta SIZE nya tdk bisa show up atau terpampang.. serta pastikan tdak terbaca di komputer manapun.. trmasuk di diskpart system. maka bisa di PUTUSKAN bahwa HDD External atau USB Flash disk itu RUSAK>!!.

** BANYAK kegunaan dari diskpart, membikin format system pd USB serta format ulang, dll.