WIMAX

Wimax Jaringan tanpa kabel yang bisa mentransfer data lebih cepat dari WIFI. Dengan kode IEEE 802.16m dan sebelumnya 802.16e. Dipakai dan digunakan pada operator-2 telepon selular di negara AS untuk WIMAX basic saja dahulu (e) dan untuk 802.16m akan direncanakan beroperasi pada 2012. Pada Tahun 2008 debutnya waktu dipasarkan bisa mentransfer data 3.7mbps sampai 6 mbps. 802.16e seri digunakan pada nantinya dengan kecepatan yang meningkat, mendukung multiple channel, ada improvement/perbaikan pada antenna receivernya yang memungkinkan lebih kuat menangkap sinyal. 802.16m bisa juga dikenal sebagai WIMAX 2.0. dan WIMAX ini nantinya seperti WIFI saat ini terlebih dahulu ada, perbedaannya adalah kecepatan dan spektrum yang berbeda juga area jangkauannya. seperti biasa WIFI terdapat di CAFE/ restoran, bandara, rumah sakit, dll. tapi kalo WIMAX layaknya signal yang luas dan berada di mana-2, dan koneksi tetap seperti layaknya gunakan WIFI sebelumnya.

WIMAX menggunakan antena seperti BTS/ base Transreceiver Stations yang sepertinya banyak digunakan pada operator selular. dan jika Netbook/notebook anda sudah lengkap dengan WIMAX maka hanya login dan gunakan saja, layaknya telepon selular saat ini.
WIMAX bisa dibilang sebagai pendamping pertumbuhannya 4G, 4G sendiri adalah suatu pertanda generasi komunikasi tanpa kabel (wireless) generasi ke 4 dan di ikuti oleh LTE (long term evolutions).