LTE /Wimax/ E1, Teknologi Broadband masa depan

LTE long term evolution adalah teknologi broadband yang dikeluarkan oleh 3GPP (3G partnership program )yang asal muasalnya adalah layanan teknologi komunikasi. menggunakan teknik Modulasi dalam penyaluran data nya.Contoh; dengan lebar pita 20MHZ sistem modulasi ini mampu memberikan kecepatan download/upload hingga 100mbps. contoh: saat ini untuk tiap BTS (base transition)3g cukup disediakan backhaul sebesar 4xe1 (8mbps) sedangkan LTE 4xe1 dapat angka transmitnya berkisar 500mbps. e1 adalah nama sebutan dari telkom untuk saluran broadband analog/digital (ADSL). di banding dengan 3G yang hanya 400kbps-1.5mbps kecepatan download nya.

4G sudah diambang pintu, 4G ini adalah sebutan sebuah urutan generasi teknologi wireless khususnya adalah jaringan telepon selular.. terdahulu nya adalah 3G, 3.5G, 2G, etc. LTE dan WIMAX akan melaju bersama untuk bisnis 4G ini. dan 4G ini tidak ada rencana untuk sbg produksi USB Modem, karena frekuensi yang di pakai sangat berbeda.

4G ini bisa nantinya ke depan untuk menggantikan (replace) ADSL yang berada di rumah-2 saat ini. hingga kecepatanny memang luar biasa. Verizon telah memeriksa dan test kecepatan LTE ini yaitu : 8.5mbps downstream, 2.8 upstream pada April 2010.